Selasa, 28 Juli 2009

cara kerja HTTP

Silahkan cari sendiri sejarah penciptaan HTTP (HyperText Transfer Protocol) alias protokol untuk mengirim dokumen hypertext yang menjadi standar baku di dunia web. Lebih penting diketahui adalah prinsip kerja HTTP, bagaimana aplikasi web browser dapat menerima dokumen dari web server dan menyajikannya di hadapan pengguna.

Protokol HTTP bekerja dalam satu siklus pendek request-response. Web server aktif di mesin server menanti permintaan (request) dari web browser di mesin client. Dalam penantiannya, web server dengan setia nangkring di port 80 atau 443 kalo sewaktu-waktu datang permintaan dari web browser. Bisa juga di port lain.. tapi itu kan ga standar.

Nah, saat mesin client (dalam hal ini web browser) mengirimkan pesan permintaan (request) ke web server, maka permintaan tersebut akan diproses dan dijawab (response) sesuai dengan pengetahuan si web server. Misalnya neh, web browser meminta halaman “pertama.html”, maka web server akan mencarikan halaman yang diminta kemudian mengirimkan halaman tersebut sebagai jawaban (response). Sampai di web browser, halaman “pertama.html” akan dibaca dan disajikan melalui web browser sesuai dengan kemampuan intepretasi web browser. Misalnya lagi, web browser meminta file “asyik.3gp” (naaah yaaa..), maka web server akan mencari dan mengirimkan pesan lain jika tidak menemukan file tersebut (pesan dengan kode 404 yang berarti file tidak ditemukan).

Hari ini, kemampuan scripting sudah lazim diterapkan di kedua sisi baik server-side scripting maupun client-side scripting. Kemampuan scripting ini memperkaya kemungkinan pengembangan sajian informasi yang lebih dinamis dan atraktif. PHP, ASP dan JSP merupakan contoh bahasa scripting yang diterapkan di sisi server. Sementara Javascript, Actionscript dan VBscript adalah contoh bahasa scripting yang diterapkan di sisi web browser. Kedua jenis scripting ini tentu saja memiliki perbedaan kemampuan dan manfaat mengingat posisi aplikasi pemroses yang berbeda. Satu di sisi server, satu lagi di sisi client.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar